1. Sekilas tentang blog
Blog
adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn
Barger pada bulan Desember 1997. menggunakan istilah Weblog untuk menyebut
kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi
link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan
komentar-komentar mereka sendiri. Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum
sebagai mini website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan
berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link
internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
2. Jenis-Jenis Blog
Sama
seperti media pada umumnya, informasi yang dimuat dalam sebuah blog biasanya
mengambil topik tertentu sebagai pokok bahasan, ada beberapa jenis blog menurut
isi/konten yang terdapat didalamnya, antara lain: Blog politik, Blog pribadi,
Blog kesehatan, Blog sastra, Blog perjalanan, Blog riset, Blog hukum, Blog
media, Blog pendidikan, Blog bisnis dan sebagainya.
3. Manfaat Blog secara umum
- Knowledge Sharing
Blog
bisa menjadi sangat bermanfaat jika diisi dengan knowledge-knowledge yang
bermanfaat buat orang banyak. Dengan blog, semua orang bisa dengan mudah
mengeksternalisasikan knowledge yang dimilikinya ke publik. Sehingga dengan
begitu knowledge yang dimilikinya itu bisa dishare ke orang lain dan menjadi
bermanfaat buat orang yang membutuhkannya.
- Bridge Blogging
Blog
dapat dimanfaatkan sebagai jembatan informasi untuk menggambarkan kondisi suatu
negara dalam bahasa global (seperti Inggris), sehingga dapat menjembatani orang
lain untuk mendapat informasi dengan lebih akurat.
- Ground Voice
Dengan
blog, orang dapat dengan leluasa menuliskan pendapatnya tentang suatu hal.
Opini-opini yang muncul kemudian bisa menjadi sebuah opini yang kuat yang mampu
menunjukkan bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat tentang suatu hal.
- Idea Incubation
Biasanya
jika seseorang mempunyai suatu ide, ide tersebut tidak langsung direalisasikan.
biasanya ide yang muncul dalam otaknya terpendam sekian lama untuk proses
pematangan ide. seiring berjalannya waktu, dia akan menambahkan konsep-konsep
pelengkap dari idenya itu dalam tulisan/blog.
- Media Bisnis
Selain
digunakan untuk kepentingan personal, blog juga dapat digunakan sebagai media
untuk menjembatani suatu kegiatan bisnis (blog bisnis) atau mendapatkan
penghasilan tambahan.
4. Profesional Blog
Profesional
Blog sendiri tidak lain merupakan suatu upaya untuk menjadikan sebuah blog
memiliki fungsi yang lebih komplit dibanding blog standard baik dalam fungsi
kolaborasi seperti fitur komentar, shoutbox maupun dalam hal tampilan.
5. Aspek Penting dari Profesional Blog
Untuk
membuat Blog menjadi lebih advance/profesional, beberapa aspek yang perlu
diperhatikan adalah:
- Tampilan, sebuah blog akan terlihat tidak biasa/lebih profesional terutama dipengaruhi oleh tampilannya yang tidak biasa/standard.
- Tema, menentukan tema tertentu untuk dibahas dalam blog akan membuat blog lebih spesifik dalam menyampaikan informasi.
- Isi Blog, selain tampilan, kualitas isi tulisan maupun informasi dalam sebuah blog sangat mempengaruhi tingkat kunjungan blog yang bersangkutan.
- Fitur, sebuah blog akan terlihat lebih profesional jika didalamnya terdapat fitur-fitur pendukung yang dapat membuat blog menjadi lebih menarik dan interaktif.
- SEO(Search Engine Optimation), populer tidaknya suatu blog juga dipengaruhi oleh cara kita mengenalkan blog pada mesin pencari(seperti google, yahoo atau bing).
6.
Langkah-langkah membuat blog lebih profesional
Untuk
menjadikan sebuah blog menjadi lebih profesional, beberapa langkahnya antara
lain:
- Kualitas Tampilan. Untuk membuat blog menjadi lebih profesional kita dapat mulai dengan memperbaharui/update tampilan/template/themes yang menarik untuk blog kita, hal ini dapat dilakukan dengan mencari template gratis melalui internet atau dengan memperbaiki/menambahkan template yang sudah ada (dibutuhkan pemahaman HTML/PHP). Usahakan sedapat mungkin mensinkronkan tampilan dengan tema utama dari blog.
- Tema. Langkah berikutnya adalah dengan menentukan suatu tema untuk blog anda. Tema layaknya seperti sebuah identitas, dengan menjadikan blog menjadi spesifik membahas tema tertentu maka akan menjadikan blog anda semakin mudah menjadi bahan referensi untuk tema tertentu bagi para pembaca. Terlalu banyak tema inti yang dibahas justru akan membuat blog anda kehilangan identitas utama.
- Isi Blog. Memperhatikan isi blog yang kita tulis juga dapat menjadikan blog menjadi lebih menarik untuk dibaca, perhatikan tata cara penulisan, sumber tulisan dan informasi lain seperti gambar ataupun link terkait yang dapat membuat blog anda lebih menarik. Jangan sembarang mencopas(copy paste) tulisan orang lain tanpa menyebutkan sumber yang jelas, karena selain melanggar hak cipta tulisan, juga justru akan membingungkan pembaca jika tulisan tidak sesuai dengan identitas asli blog anda. Selain itu kontinuitas anda dalam memperbaharui isi blog juga dapat menjadikan blog anda semakin populer.
- Fitur. Melengkapi blog dengan fitur menarik seperti komentar, galeri foto, animasi dan kotak saran/buku tamu dapat menjadikan blog anda terlihat lebih profesional. Anda dapat lakukan dengan menambahkan Gadget/Widget tambahan yang terintegrasi dengan blog anda atau mencari widget tambahan yang dapat anda peroleh dari Internet.
- SEO. Poin terakhir yang juga sangat menentukan popularitas blog anda adalah bagaimana cara anda mengenalkan blog anda pada mesin pencari populer seperti Google atau Yahoo, karena hampir 80% pengguna internet menggunakan mesin pencari sebagai fasilitas awal untuk mencari informasi. Beberapa trik untuk SEO dapat dengan mudah anda pelajari dari buku atau Internet untuk dikembangkan dan diterapkan dalam blog anda.
Pada
posting kali ini saya ingin berbagi sedikit pengetahuan/ilmu baru yang saya
dapatkan dari ilmukomputer.org
tentang bagaimana cara membuat blog kita lebih profesional, semoga dapat
bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment